Rabu, 19 September 2012

Minhajul Abidin (15/09/2012)

Assalamu'alaikum Wr Wb.

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Sabtu, 15 September 2012

Just share, afwan bila ada yg salah atau kurang..

Sedikit berbagi, Kutipan al faqir dalam pengajian bersama Buya Yahya dalam kajian kitab Minhajul Abidin setiap sabtu malam ahad pukul 20.00-21.30 WIB di Masjid Al-Mustaqim-Weru Plered Cirebon.

# Syekh Murod #

* Ketika kita bepergian di dunia itu butuh sesuatu yg banyak(seperti makanan, air, dan sebagainya), begitu pula untuk kehidupan di akhirat.
Apa itu bekalnya? Yaitu:
1. Sholat 2 roka'at di malam hari, Kenapa sholat malam? Karena di kuburan kelak itu gelap, maka dengan shalat malam itulah cahaya akan keluar
2. Puasa di hari yang amat panas,
3. dan beribadah Haji karena Allah.

* Kemudian dalam suatu hadist juga di sebutkan, Allah SWT merahmati suami yg sholat 2 roka'at di malam hari dan membangunkan istrinya, dan begitu juga seorang istri yg sholat 2 roka'at dan membangunkan suaminya, bila tidak juga bangun makan berikan "percikan air" di wajah pasangannya tersebut agar ikut terbangun dan melakukan sholat malam.
* Yang kita fahami dari "percikan air" ini, adalah sesungguhnya kita membangunkan istri/suami dengan kasih sayang agar tebangun melakukan sholat malam, bukan dengan kasar seperti memukul yang akan membuat suami/istrinya tambah marah.

* Oleh karena itu, penyebab yg menjadikan masuk syurga adalah banyaknya kita sujud. Dan kemudian Rasulullah juga mengajarkan kasih sayang kepada suami/istri, seperti dimalam pertama kita bangun di 1/3 malam awal sekitar jam 8 - jam 10, kemudian di malam kedua kita bangun di 2/3 malam seperti jam 10 jam 2, kemudian di malam yang ketiga kita bangin di 1/3 malam akhir seperti jam 2 sampai fajar.

* Begitu juga sujud ini adalah salah satu jalan menuju ke syurga, karena ketika para malaikat diperintahkan Allah sujud kepada Nabi Adam dan menjalankan perintah Allah dg sujudnya kemudian mereka masuk syurga, begitu juga sebaliknya ketika iblis diperintahkan Allah untuk sujud kepada Nabi Adam dan melanggarnya kemudian mereka masuk neraka.

* Ketika Rasulullah sholat malam maka beliau sampai bengkak kakinya, dan sayyidah A'isyah terkaget, "kenapa engkau lakukan seperti itu bukankah dosamu telah diampuni?", "apakah hamba tidak boleh menjadi orang yang bersyukur?"

* Maka apabila kita semua selalu sholat, nanti kita akan di bangkitkan oleh Allah bersama orang-orang yang ahli sujud.

* Ketika Abu Musa Al Asy'ari sholat, kemudian kudanya meringkik keras2 ketika itu beliau berhenti membaca Al-Qur'an kuda itu diam setelah itu beliau melanjutkan lagi bacaannya dan kuda itu meringkik lagi. Kemudian ketika pagi hari beliau langsung bertanya kepada Rasulullah atas kejadian ini, dan Rasulullah tersenyum, kata Abu Musa Al Asyari 'apa yang membuatmu tersenyum ya Rasulullah', kata Rasulullah 'ketika kau membaca Al-Qur'an, malaikat turun dan kudamu meringkik karena ketakutan, kemudian ketika bacaanmu berhenti, malaikat naik lagi, dan ketika kau membaca Al-Qur'an lagi malaikat itu turun lagi'.

* Sholat ini yg didalamnya ada sujud, jangan hanya dilakukan pada saat shalat 5 waktu saja, tapi perbanyak sujud pada malam hari karena fadhilahnya sangat besar.

* Kemudian kita shalat shubuh 2 raka'at kita sembari dzikir, sampai waktu dzuhur, dan diantara waktu itu maka lakukanlah shalat dhuha entah 2 roka'at atau 4 roka'at barangsiapa orang yang istiqomah sholat dhuha maka dia tidak akan tercatat sebagai orang munafik, karena sholat dhuha adalah suatu mahar untuk kita masuk syurga.

* Kita harus sering-sering sholat 3 roka'at yaitu sholat witir. yaitu sebelum tidur, karena apabila kita tidak terbangun di malam hari maka kita sudah melakukan sholat witir.


# Buya Yahya #

* Rintangan yg membuat terhambat ibadah kita kepada Allah adalah Hawa Nafsu. Di ibaratkan-> Hawa nafsu lebih kejam daripada 70 syetan. Setelah perang badar Rasulullah berkata "Kita kembali dari jihad kecil menuju ke jihad yg lebih besar" dan Jihad yang lebih besar itu ialah melawan hawa nafsu.

* Jika engkau perhatikan kesesatan, kehancuran, kehinaan, sebab hinanya manusia itu terjadi dari jaman nabi Adam sampai hari kiamat yaitu dari hawa nafsu. Intinya karena ikut campurnya hawa nafsu itu. Sebab iblis menjadikan manusia menjadi manusia terkutuk.

* Sombongnya, hawa nafsunya, kedengkiannya, hawa nafsunya telah melemparkan iblis 80.000 tahun, terlempar hawa nafsunya ke dalam kesesatan, sampai akhir jaman neraka nanti selama-lamanya. Terlebih dahulu iblis sudah ada dengan malaikat dan segala ibadahnya. Iblis bukan dari malaikat tapi dari kalangan malaikat dan didudukkan diantara malaikat, tapi karena kesombongannya tidak mau sujud kepada nabi Adam atas perintah Allah, itulah kesombongan hawa nafsunya yang menjerumuskannya dalam kesesatan. Iblis mengatakan aku lebih bagus darinya Ya Allah dia terbuat dari tanah dan aku terbuat dari api.

* Hanya mengikuti keinginan sendiri saja bisa menjerumuskan pada kesesatan.
* Disimpulkan dari kisah Nabi Adam AS, beliau turun ke dunia karena memakan buah Quldi atas kemauan Sayidina Hawa, padahal malaikat telah menasehati untuk menjauhi buah tsb. Tapi karena tipu daya bisikan syetan maka beliau akhirnya terjerumus kedalam kesesatan karena hawa nafsunya, menganggap buah itu merupakan buah keabadian yang benyebabkan ia kekal di syurga (dari tipu daya syetan) karena ia ingin tetap kekal di syurga padahal yang terjadi sebaliknya, yaitu menyebabkan beliau turun ke dunia.

* Dari Kisah Nabi Adam AS, Sumber Malapetaka penyakit hati:
1. Sombong
2. Rakus
3. Hasad
Tiga penyakit hati ini yang harus kita hindari agar kita selamat.


Wallahu a'lam bisshowab

♥ Muslimah ♥





~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar