Rabu, 28 November 2012

Minhajul Abidin (17/11/2012)

Assalamu'alaikum Wr Wb

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Sabtu, 17 November 2012

Just share, afwan bila ada yg salah atau kurang..

Sedikit berbagi, Kutipan al faqir dalam pengajian bersama Buya Yahya dalam kajian kitab Minhajul Abidin setiap sabtu malam ahad pukul 20.00-21.30 WIB di Masjid Al-Mustaqim-Weru Plered Cirebon.

* Dari Imam Ghozali tentang keutamaan takwa, kehebatan taqwa, dengan harapan kita rindu untuk mendapatkannya.
* - Jika engkau berkata sungguh benar-benar agung kadar kemuliaan hal ini (ketaqwaan), dan sungguh besar pengaruhnya/manfaatnya ketaqwaan tsb dalam hati, dan sangat butuh menjadi sangat kepentingan kita untuk mengetahuinya, maka haruslah sekarang imam ghozali untuk merincinya.
- Ketahuilah, memang benar seperti itu, sesungguhnya seperti engkau katakan. Sungguh sangat layak ketaqawan itu menjadi agung kadarnya, dan sangat mendesak untuk tahu pada ketakwaan tapi engkau tahu kalau kadar taqwa luar biasa, tapi kamu juga tau segala sesuatu yang agung itu butuh untuk mendapatkannya usaha yang banyak. Dan capeknya pun besar, dan semangat yg tinggi, dan usaha yang sangat. Kalau begitu seperti yang engkau ketahui bawasanya ketaqwaan itu suatu hal yang sesungguhnya, berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mendapatka ketaqwaan, dan berusaha untuk bisa mendapatkannya, dan pekerjaan yang besar untuk mendapatkan yang agung.
* Sebab kemuliaan itu akan didapat dengan capeknya orang.
* Sesungguhnya kelezatan itu tentu akan bisa kita rasakan nikmat tidaknya itu dari semakin beratnya upaya kita mendapatkannya.
* Kebesamaan Allah adalah rahmat, pertolongan dan penjagaan Allah untuk kita, didalam genggaman Allah untuk memudahkan sesuatu yang susah, maka dari itu fahamilah dengan benar tentang keterangan masalah ini sampai engkau bisa memahaminya, siap-siaplah engkau , mintalah pertolongan kepada Allah Yang Maha Agung, sehingga engkau bisa mengamalkan apa yang engkau ketahui.
* Ketaqwaan itu adalah membersihkan hati dari ternodai oleh dosa yang tidak pernah terjadi bagimu semacam dosa itu (berbeda dengan Taubat yang membersihkan hati dari Dosa yang telah dilakukan)
* Ketaqwaan adalah membersihkan hati dari dosa-dosa yang belum pernah terjadi kepadanya. Misal ditanamkan dalam hatinya untuk takut kepada zina, jadi hatinya dibersihkan dari dosa yang belum pernah dilakukan, bagaimana ia hati-hati dan tidak mengentengkan dosa.
* Ketaqwaan itu, Bagaimana hatimu itu terbiasa takut dengan dosa yang belum engkau lakukan, melihat yang haram takut, sehingga kau dapatkan didalam hatimu saking kuatnya untuk meninggalkan kemaksiatan tersebut, maka rasa takutmu itu menjadi benteng untuk menghalangimu melakukan kemaksiatan (inilah ketaqwaan).
* Jadi intinya, Ketaqwaan -> Bagaimana membiasakan dari hatimu semangat yang besar untuk meninggalkan maksiat-maksiat yang tidak pernah kau lakukan untuk membentengi dirimu dari kemaksiatan.

Wallahu a'lam bisshowab

♥ Muslimah ♥





~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Kunjungi Website Buya Yahya di www.buyayahya.org
Gabung bersama RadioQU melalui streaming di www.radioquonline.com
Gabung bersama sahabat Muslimah di Facebook https://www.facebook.com/pages/Muslimah/275415002532566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar